Solo Trip : Singapore (Pt.2)

Hari kedua, tanggal 25 Juli 2019. 

Hari ini adalah hari pertama gue period. Dan rasanya sakit banget. Untungnya gue udah beli roti jepang kemarin. Nah agenda gue hari ini adalah jalan-jalan ke beberapa toko buku independent di daerah Yong Shiak. Sebelum gue pergi ke daerah Yong Shiak, gue mampir dulu ke 7 eleven untuk beli cemilan. Gue beli cake dengan packaging yang lucu, aqua dan kopi BTS gitu. Dari daerah Boat Quay ke daerah Yong Shiak itu memakan waktu sekitar 10 menit kalo naik mobil atau 26 menit kalo naik MRT. Karena gue sendirian dan gak berani, maka gue memutuskan untuk naik gocar. Untungnya di Singapore bisa naik gocar atau grab car atau uber. Jadi gue tinggal duduk manis aja dan langsung sampe.

Naik gocar itu agak lebih murah dikit dibanding naik grabcar. Ya walaupun sebenernya juga mahal sih sekali naik kayak 6-7 dollar SGD gitu. Tapi yaudahlah, gue relakan aja. Padahal seumur-umur gue bisa dibilang jarang banget naik gocar atau grab car pas di Jakarta karena ada go ride atau grab bike. 
Gak berapa lama, gue akhirnya sampe juga di daerah Yong Shiak. Daerahnya kayak sepi sunyi gitu. Pas udah sampe sana, gue langsung menuju ke Books Actually. Books Actually itu book store independent. Dia banyak jual buku-buku novel atau puisi dan ada juga beberapa buku grafis. Books Actually juga suka ngepublis buku indie dari publisher sendiri yang namanya Math Paper Press. Tujuan gue kesana adalah selain liat-liat koleksi bukunya, gue mau cobain beli buku via vending machine. Harga 1 buku di vending machine itu 10 dollar SGD. Dan bukunya itu misterius semua alias random karena bukunya di sampul dengan sampul mysterious book. Jadi gue beli buku yang sama sekali gak tau isinya apa dan bikin penasaran. 

Ini gue ambil fotonya pas ada 2 orang remaja lagi ngobrol. Entah lagi ngobrolin apa, tapi karena bagus yaudah gue candid aja. Kebetulan mereka juga nyaman ngobrolnya, yasudahlah. Nah, yang disebelah kiri itu adalah vending machine-nya. Gue coba beli 1 buku via vending machine-nya yang kebetulan untuk oleh-oleh temen gue. Gue juga beli buku di dalem book store. Beli buku judulnya "How To Give Up Plastic" by Will Mccalum yang harganya 19 dollar SGD. Dan ada kejadian lucu nan bodoh disana. Jadi, gue itu rencananya mau beli buku gak cuma 1 biji. Gue udah ambil 2 buku nih. Yang satu buku "How To Give Up Plastic" yang satunya adalah buku grafis mengenai lahirnya Bruce Lee. Bukunya lucu banget dan kebetulan gue lagi nyari buku-buku grafis untuk referensi gue nulis dan gambar. Pas udah di kasir, gue dengan pedenya ngeluarin kartu jenius gue. Gue mau gesek aja pake kartu jenius gue karena cash gue gak cukup dan kebetulan uang rupiah gue udah di switch ke dollar SGD. Pas udah di gesek, eh kata mbaknya kartunya declined. Terus gue bingung dong, kok bisa declined? Kan udah gue isi saldonya. Nah, akhirnya di coba lagi sama mbaknya dan hasilnya tetep dong declined. Terus karena di declined, akhirnya gue memutuskan untuk beli 1 buku aja dan gue pilih si bukunya Will Mccalum. Setelah itu, gue masih bertanya-tanya, kenapa kartu gue declined. Dan gue sempet nanya sama mbaknya, kira-kira atm jauh gak ya dari Yong Shiak? Dan katanya lumayan jauh. Akhirnya gue keluar dari book storenya dan gue cek di maps seberapa jauh kah. Pas gue cek ya emang lumayan sih, tapi masih oke untuk jalan kaki.

Setelah dari Books Actually, gue gak langsung nyari atm. Gue ke book store di sebelahnya yaitu Woods In The Book. Nah, Woods In The Book ini enak banget tempatnya dan koleksi buku-bukunya adalah koleksi yang gue cari semua. Woods In The Book ini isinya buku-buku grafis buat anak gitu. Dan ada beberapa merchandise juga yang lucu-lucu. Wah, gue seneng banget sih bisa mampir kesana. Tapi, karena kartu gue masih declined dan belom nemu titik permasalahannya, jadi gue memutuskan untuk gak beli apa-apa, karena cash gue juga tinggal dikit gak sampe 100rb-an.

Abis dari Woods In The Book, gue langsung pasang maps menuju ke Tiong Bahru Plaza untuk ke atm. Gue jalan kaki ngikutin maps aja dan gaterlalu jauh juga. Tapi ya lumayan panas sih. Jadi butuh air minum banget. Gak sampe 5 menit, gue sampe tuh di Tiong Bahru Plaza. Kata mas-mas kartu Jenius, gue bisa ambil uang di atm apa aja asal ada logo visa-nya. Nah, dari kejauhan gue udah liat ada atm Posh Bank dan ada logo Visa-nya, jadi gue bisa ambil uang disitu. Pas gue udah masukin kartu, udah pilih mau ambil uang berapa, eh gak bisa dong. Katanya uang gue gak cukup. Gue disitu bingung. Kok bisa gak cukup ya? Kan gue gak ambil banyak. Gue cuma ambil 50 dollar SGD dari berapa ratus dollar SGD. Gue sampe ngitung lagi dari IDR ke SGD karena gue takutnya skip. Bisa sampe 6x-an gue bolak balik ke atm itu dan gak keluar uang gue. Gue sampe pengen nangis sendiri dong, karena duit gue udah gak cukup untuk beli makan dan pulang. Gue masuk ke Tiong Bahru Plaza dulu buat ngiter dan mikir kenapa kartu gue gak bisa di pake. Gue hampir menuju stres hahaha

Nah, pas udah keluar dari Tiong Bahru Plaza, gue ke atm-nya lagi kan untuk coba dan hasilnya masih sama gak bisa. Terus akhirnya gue coba chat CS-nya Jenius tapi gak ada balasan apapun. Kalo pun gue telfon, gue harus pake nomer Indonesia gue. Sumpah ribet banget. Gue rasanya pengen tiduran aja di trotoarnya ya Allah. Nah, ada momen dimana gue akhirnya ngutak ngutik sendiri kan itu aplikasi Jenius. Eh.....ternyata.........kebodohan gue ditemukan dong. Jadi, kenapa kartu gue declined? yaitu karena gue belom aktifin e-card gue ke kartu Singapore. Jadi gue hanya mindahin saldo IDR gue ke SGD doang tanpa switch kartu gue ke Singapore dari Indonesia. YA MON MAAP....rasanya gue pengen nabok diri sendiri. Setelah gue switch, gue coba lagi tuh ke atm untuk tarik tunai. EH......ALHAMDULILLAAAAAAH AKHIRNYA BISA SETELAH 10X GUE BOLAK BALIK ATM YHAAAA!!! Hepi namun ingin nabok diri sendiri hahahaha akhirnya gue masuk lagi ke Tiong Bahru Plaza untuk beli makan siang dan beli obat panadol menstruasi. Pantes gue mau nabok diri sendiri, karena gue hari itu lagi mens hari pertama.....

Setelah beli obat panadol menstruasi dan face wash dan obat jerawat juga (gue jadi jerawatan parah), gue nyari-nyari kira-kira mau makan apa. Tadinya gue mau coba makan KFC hehe mau cobain kira-kira sama apa enggak. Tapi, karena gue butuh yang hangat-hangat, akhirnya gue memutuskan untuk beli 1 paket makanan gitu (nama tokonya I Love Yoo) tapi isinya bubur (tanpa isi sama sekali), cakwe dan minumnya soybean hangat. Wah gila, itu enak banget sih. Cakwe-nya enak parah, empuk banget. Buburnya juga enak dan banyak pula. Dan soybeannya juga enak. Padahal gue gak terlalu suka soybean dan minuman hangat. Tapi karena gue lagi butuh, jadinya gue suka-suka aja.

Abis makan, gue strolling around Tiong Bahru Plaza dulu. Abis itu gue balik lagi jalan kaki ke Yong Shiak. Nah, pas sampe di Yong Shiak, gue nemu book store juga namanya Cat Socrates. Sebenernya gak terlalu book store sih. Cat Socrates lebih banyak jualin merchandise-merchandise ucul gitu. Cat Socrates jual teh lucu banget. Tapi gue gak beli sama sekali hahahaha xd
Abis dari Cat Socrates gue foto-fotoin daerah Yong Shiak, terus gue pesen gocar untuk menuju ke Don Don Donki daerah Orchard.

Don Don Donki ini supermarket dari Jepang. Jadi ya jualinnya produk-produk Jepang. Gue iseng banget sih ke Don Don Donki ini. Gue pengen liat-liat barang-barang Jepang disana dan ternyata terlalu gemas. Banyak banget cemilan dengan packaging yang super lucukkkk. Dan banyak banget jual kosmetik-kosmetik Jepang yang beberapanya gue tau brandnya. Tapi gue disana sama sekali gak beli apa-apa. Karena gue bingung, akhirnya gue jalan-jalan aja ke sekitaran Orchard dan Ion Orchard. Gue cuma ngiter-ngiter gajelas banget disana. Karena udah sore dan lelah banget, akhirnya gue pulang dan tetep naik gocar. Dan ternyata argo gocar gue mencapai 110 ribu rupiah karena gue kena ERP 2x. So sad :-(

Pas sampe di hotel, gue stay di kitchen hotel dulu buat liat-liat keramaian dari jendela hotel. Terus video call sama kakak gue. Keluar hotel buat jalan-jalan dan lumayan agak jauh jalannya. Abis itu gue makan di Bonchon yang letaknya gak jauh dari hotel gue. Karena udah jam 10 malem lebih, akhirnya gue pulang ke hotel, mandi dan sleeping beauty.

Selanjutnya akan gue ceritakan di pt.3 yaa :) see you soon.


Komentar

Postingan Populer