Selamat Jalan Eyang.

Beberapa hari yang lalu, tepatnya tanggal 22 Januari 2016 gue rada syok karena setelah adzan Isya eyang gue meninggal. 

Gue tinggal dirumah eyang gue itu udah lama banget. Dulu pas gue kecil gue sempet tinggal di Bekasi, tapi bisa dihitung pake jari berapa lama gue tinggal disana, dan selebihnya gue tinggal dirumah eyang gue di Benhil. Jadi bisa dibilang memori gue bersama eyang gue itu banyak banget. Ya, gue sih gak inget lebih spesifik, tapi kira-kira selama hampir 20tahun gue tinggal disana pasti banyak kejadian-kejadian yang gue alami bersama eyang gue. 
Eyang gue adalah orang yang paling jago masak. Hampir semua makanan yang dia buat itu enak bahkan mie rebus sekalipun. Gak ada yang bisa nandingin mie rebus racikan eyang gue. Eyang gue adalah chef terbaik dirumah. Dulu katanya dia sempet punya warung makan pas kakak gue masih kecil dan gue belom lahir. Gue gak ngerti sama cita rasa yang eyang gue punya. Dan kayaknya, bakat masak eyang gue gak ada yang menurun ke cucunya deh. 

Eyang gue juga adalah orang yang paling inget ulang tahun cucu-cucunya. Padahal udah tua dan biasanya kalo udah tua itu suka pikun. Waktu itu, gue lupa pas ulangtahun keberapa, tiba-tiba eyang gue ngucapin gue selamat ulang tahun sama gue pagi-pagi. Kadang, eyang gue juga suka buat nasi kuning mendadak buat ngerayain ulang tahun kakak gue atau gue. 

Even dia sakit, eyang gue masih suka ke dapur buat masak. Padahal orang rumah udah suruh dia buat istirahat aja dan no problem kalo misalkan dirumah gak ada makanan. Toh kita bisa beli masing-masing. Tapi eyang gue tetep keukeuh bikin makanan buat orang serumah. 

Biasanya jam 6 pagi dia udah duduk didepan pager rumah buat nungguin tukang sayur, tukang roti sambil menikmati udara pagi. 
Hampir semua tukang sayur kenal sama eyang gue. Karena semua tukang sayur biasanya suka dipanggil sama dia. 

Kalo gue mau jajan ke warung, eyang gue suka nitip cemilan kesukaannya yaitu beng beng. 

Banyak hal-hal yang terjadi sama eyang gue. Saking banyaknya, gue sampe lupa. Dan gak cuma baik-baiknya aja, buruknya pun ada. Tapi ya gak usahlah ya dibahas disini. Namanya manusia pasti pernah punya salah. 

Terakhir sebelum dia pergi ninggalin dunia, anak dan cucunya, dia sakit selama 2 bulan. Tiba-tiba dia gak bisa jalan dan alhasil harus diem dikasur selama 2 bulan. Makan, minum, mandi dan segala macem dia lakuin dikamarnya. Selama 2 bulan, gue jarang ketemu sama eyang gue padahal 1 rumah. Kalo gue berangkat kerja, dia ada dikamar lagi tidur. Gue pulang kerja, dia dikamar juga lagi tidur. Gue sesekali aja dateng kekamar eyang gue untuk ngobrol sebentar, itupun kalo dipanggil sama eyang gue. 
Setelah 2 bulan, akhirnya dia sembuh. Dia akhirnya udah bisa jalan lagi walaupun pake tongkat. Dia udah bisa duduk dikursi kesayangannya diruang keluarga, dia udah bisa ke kamar mandi sendiri walaupun dia masih lebih banyak melakukan aktivitas didalam kamarnya. Setelah dia sembuh pun, gue masih jarang ketemu sama dia. Karena gue hampir sama kayak dia, lebih banyak melakukan aktivitas gue didalam kamar. 

Sekitar 2 hari sebelum dia meninggal, gue ketemu dia. Dia lagi mau kekamar mandi, gue mau masuk kekamar gue. 

Pas tanggal 21 Januari 2016, posisi gue lagi dikamar dan lagi ngurusin kerjaan. Tiba-tiba kakak gue dan tante gue ngetok-ngetok kamar gue dan bilang "Dek, tolong liat kekamar eyang dong. Eyang gak gerak daritadi.." dan gue langsung kekamarnya. Posisi dia lagi tidur, tanggannya ada diatas perutnya. Gue langsung naro telunjuk gue ke hidungnya buat tau dia masih nafas apa enggak. Yang gue rasain itu udah gak ada nafasnya. Gue coba pegang tangannya buat cari tau urat nadinya. Dan gue yang temuin urat nadinya udah gak gerak. Gue langsung kasih tau ke tante dan kakak gue kalo eyang udah gak ada. Nyokap gue kebetulan lagi solat dan dia belom tau. Gue langsung wasap bapak gue untuk telpon gue (maklum gak punya pulsa). Di situasi itu, gue gak nangis. 

Gak berapa lama, hape gue bunyi karena bokap gue telpon. Dia nanya "Dek, yang bener kamu eyang gak ada?" gue jawab "Iyalah, masa aku bohong". Terus bokap gue suruh gue untuk bener-bener make sure kalo eyang gue beneran udah gak ada. Telpon ditutup. 
5 menit kemudian, bokap gue telpon lagi dengan pertanyaan yang sama dan gue jawab dengan jawaban yang sama. Telpon ditutup. 
5 menit kemudian, bokap gue nanya lagi dengan pertanyaan yang sama lagi dan gue jawab dengan jawaba yang sama lagi. Telpon ditutup. 
5 menit kemudian bokap gue melakukan hal yang sama. Nanya dengan pertanyaan yang sama, dan gue jawab dengan jawaban yang sama. Akhirnya dia bilang "yaudah tunggu bapak. bapak lagi dijalan pulang.."
Sampe 4x bokap gue telpon cuma buat mastiiin eyang gue beneran meninggal apa enggak. 

Semua orang dirumah sibuk. Kakak gue telponin tante gue yang lain, nyokap gue telponin keluarga yang lain, tante gue telponin tetangga dan gue duduk dikursi kamar eyang gue buat bacain dia Yasin. 
Disituasi itu gue masih gak nangis, tapi pas gue denger tante dan kakak gue nangis waktu lagi bicara ditelpon, disaat itu air mata gue langsung turun. 
Tiba-tiba, beberapa tetangga gue dateng untuk mastiin dan bantu2in beberes rumah karena dirumah cuma kita bertiga. Tetangga gue mastiin apakah eyang gue bener-bener udah gak ada atau enggak. Dan mereka suruh untuk panggil dokter dulu supaya lebih pasti. 
Gue bersyukur karena tetangga-tetangga ada yang dateng untuk bantuin beberes rumah. Gue bersyukur karena mereka langsung sigap untuk bantu-bantu. Gue ikutan bantu beberes juga sambil sesekali bacain yasin ke eyang gue. 
Tiba-tiba tante gue yang dari Cibubur dateng dan langsung nangis kenceng. Dia bilang kalo dia udah lama gak ketemu eyang karena sibuk dirumah sakit ngurusin adeknya yang lagi diopname. Dan disaat itulah gue langsung masuk kamar dan ikutan nangis juga. Gue berusaha untuk berhentiin tangisan gue dan balik lagi bantu-bantu beberes rumah. 

Setelah semua beres, akhirnya eyang gue bisa dipindahin ke ruang keluarga. Semakin malam, semakin sepi karena para tetangga udah pada pulang, 2 sepupu gue pulang untuk istirahat, sepupu gue yang lain tidur diruang tamu buat jagain eyang, tante gue juga udah tidur, tinggal gue, nyokap dan tante gue yang satu lagi masih bangun. Jam udah menunjukkan pukul 1 pagi. Gue sama sekali belom mandi setelah gue pulang kerja, gue sama sekali gak capek, gue sama sekali belom ngapa-ngapain buat gue sendiri. Akhirnya pas jam menunjukkan pukul 3 pagi, gue mandi. Badan langsung seger tapi gue juga butuh istirahat supaya pas paginya bisa seger lagi buat bantu-bantuin. Akhirnya gue niatkan buat tidur dan kebangun jam 9 pagi. Dirumah gue udah semakin rame. Sepupu gue yang lain udah dateng, tetangga yang lain juga udah pada dateng. Gue langsung cepet cepet ganti baju supaya gue bisa keluar untuk bantu-bantuin. 

Jam 10an atau setengah 11 pihak yayasan kuburan dateng buat bantuin mandiin, kafanin dan segala macem. Karena gue nganggur, gue akhirnya berinisatif jemput sepupu gue yang kosnya gak jauh dari rumah untuk dateng ngelayat karena dia kebetulan lagi sakit. Dijalan mau kekosan, gue sempet ketemu sama temen deketnya eyang yang kebetulan juga udah sakit-sakitan. Ekspektasi gue, gue kekosan tinggal jemput aja. Tapi ternyata enggak. Sepupu gue baru selesai mandi, pake bajunya lama, dandanya lama, ngemacbook dulu dan akhirnya gue gak bisa liat ketika eyang gue dimandiin. Gue dan sepupu gue melewatkan momen dimana eyang gue terakhir kali dimandiin. 
Pas sampe rumah, eyang gue udah cantik. Eyang gue udah dimandiin, udah dikafanin, udah cantik banget. Dia tertidur sambil tersenyum. Keadaan disana adalah sepupu2 gue, tante gue dan yang lainnya lagi pada nangis. Gue dan sepupu gue langsung ikut gabung. Doain dia untuk yang terakhir kalinya. Liat wajanya lebih dekat untuk yang terakhir kalinya, liat senyumannya secara dekat untuk yang terakhir kalinya. Dan disitu gue nangis. Kenceng. Disaat gue nangis, memori gue bersama eyang gue secara tiba-tiba langsung muncul diotak gue. Dan keadaan makin parah, gue nangis makin menjadi jadi. 

Ustadzah bilang "untuk keluarga yang mau cium wajahnya silahkan tapi kemudian ikhlaskan dia untuk pergi". Disitu gue gak berani untuk cium wajahnya karena gue gak mau tangisan gue makin menjadi jadi. Memori gue disitu masih bermain main diotak gue, malah semakin menjadi jadi. Dan gue mencoba untuk mengikhlaskan. Akhirnya, ustadzhah menutup wajah cantik eyang gue dengan kain, 3 sepupu gue membawa keranda untuk dimasukkan kesana dan setelah itu keranda ditutup oleh tulisan "Innalillahi wainna illaihi rajiun". Abis itu, mereka bawa keranda ke Masjid untuk disolatkan. Dan kebetulan hari ini adalah hari Jumat. Kata agama Islam, orang yang meninggalnya hari Jumat itu baik. 

Setelah disolatkan di Masjid, mobil jenazah langsung menuju kuburan. Gue dan yang lainnya menuju ke kuburan juga. Setelah sampai di kuburan, gue sempet datengin makam om gue, eyang buyut gue, eyang kakung gue dan juga kakak laki-laki gue. 
3 sepupu laki-laki gue yang masukin jenazah eyang gue ke liang lahat. Rasanya gue masih gak percaya kalo eyang gue beneran udah ninggalin dunia. 
Setelah eyang gue udah dikubur, udah dikasih bunga dan segala macem. Kita semua ninggalin kuburannya dan pulang kerumah. 

Gue, kakak gue dan sepupu gue masih ngebahas kalo kita bertiga masih gak percaya kalo eyang udah gak ada. 

Dan sampe sekarang pun, suasana rumah sama aja sepi. Tapi, sepinya beda. Dulu, suasana sepi tapi gue tau bahwa eyang gue masih ada didalam kamarnya. Kalo sekarang, suasana sepi dan gue tau bahwa dikamar eyang gue udah gak ada siapa-siapa. 

Selamat jalan eyang. Semoga eyang bisa ditempatkan ditempat yang sudah seharusnya. Eyang udah bisa ketemu sama eyang kakung, eyang buyut, om Anang dan Mas Ryan dialam sana. Eyang bisa makan apapun, sepuasnya tanpa bakalan ngerasain yang namanya sakit. Dan eyang akan terus-terusan sehat disana. 

Komentar

Postingan Populer